Subscribe Us

header ads

Islam Dalam Lingkaran Yahudi

Islam sebagai agama penyempurna dari agama-agama yang terdahulu merupakan satu kesatuan untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Rahmat bagi semesta alam ini hanya seringkali menjadi dengungan dan bahan perbincangan semata, sementara pada sisi yang lain bentuk tindakannya masih jauh dari pedoman yang semestinya dijalankan sesuai dengan perintah_Nya.

Sebagai agama rahmatan lilalamin tentunya membawa kedamaian, saling mencintai dan menghargai terhadap semua makhluk tanpa tebang pilih, membawa ajaran tentang nilai-nilai luhur kemanusiaan, sehingga tercipta masyarakat yang saling mengasihi dan saling memaafkan satu sama lain, bukan menjadi bangsa pengadu domba, dan perusak tatanan sosial dan perdamaian.

Agama akan menjadi candu, dan doktrin menjadi sentrum bagi pola pikir manusia yang akan mempengnaruhi          emosi, rasa, jiwa, hati, dan tindakan. begitu pula dengan agama mestinya menjadi pola pikir dan keinginan untuk selalu memperbaiki tatanan sosial, saling mengasihi satu sama lain, dan menjadi obat bagi jiwa-jiwa yang gersang, bukan lantas sebaliknya.

Bagaimana Islam yang di yakini oleh ummatnya, dan dimana pula posisi yahudi yang mencoba memepengaruhi poa pikir manusia. dengan kata lain,,,biarkan ummat muslim memeluk agamanya, namun pikiran dan tindakannya adalah yahudi!!!

Secara Etimologis Yahudi adalah Yahudiah (Yudaisme) adalah kepercayaan yang unik untuk orang/bangsa Yahudi (penduduk negara Israel maupun orang Israel yang bermukim di luar negeri). Inti kepercayaan penganut agama Yahudi adalah wujudnya Tuhan yang Maha Esa, pencipta dunia yang menyelamatkan bangsa Israeldari penindasan di Mesir, menurunkan undang-undang Tuhan (Torah) kepada mereka dan memilih mereka sebagai cahaya kepada manusia sedunia.
Kitab agama Yahudi menuliskan Tuhan telah membuat perjanjian dengan Abraham bahwa beliau dan cucu-cicitnya akan diberi rahmat apabila mereka selalu beriman kepada Tuhan. Perjanjian ini kemudian diulangi oleh Ishak dan Yakub. Dan karena Ishak dan Yakub menurunkan bangsa Yahudi, maka mereka meyakini bahwa merekalah bangsa yang terpilih. Penganut Yahudi dipilih untuk melaksanakan tugas-tugas dan tanggung jawab khusus, seperti mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur dan beriman kepada Tuhan. Sebagai balasannya, mereka akan menerima cinta serta perlindungan Tuhan. Tuhan kemudian menganugerahkan mereka Sepuluh Perintah Allah melalui pemimpin mereka, Musa.
Sinagoga merupakan pusat masyarakat serta keagamaan yang utama dalam agama Yahudi, dan Rabi adalah sebutan bagi mereka yang pakar dalam hal-hal keagamaan. (http://id.wikipedia.org/wiki/Agama_Yahudi)

Ditelisik dari akar kata dan peristiwanya Yahudi merupakan agama yang dibawa oleh para nabi, terlepas apakah agama ini menjadi benar bagi kelompok dan pengikutnya baik dalam konstek politik maupun dalam bentuk keyakinan. atau dua-duanya adalah dua hal yang tidak terpisahkan satu sama lain?

Oleh sebab itu kebenaran hanya milik pencipta semesta alam, Islam yang katanya sebagai agama rahmatan lilalamin memiliki pedoman yakni kitab Suci al-qur'an, begitu pula dengan Yahudi juga memiliki keyakinan ddan kitab suci sebagai panduan dan pedoman dalam hidupnya.

Kemudian dimana Posisi Islam sebagai agama rahmatan lilalamin? sementara banyak Indikator bahwa perilaku ummat muslim tidak sesuai dengan apa yang telah di ajarkan dalam kitab suci Al-Qur'an.??


Posting Komentar

0 Komentar