Subscribe Us

header ads

Pemuda Sebagai Penyangga Perubahan Bangsa, Sanggupkah?

Pemuda dengan berbagai problem dan keterbatasan yang dimiliki memiliki banyak varian yang cenderung menjadi lemah dalam banyak hal. inilah fakta-fakta degradasi dari berbagai faktor, mulai dari perekonomian, pendidikan, dan perubahan sosial yang kerapkali terjadi sebuah benturan.

Bicara soal pemuda, disini penulis lebih menekankan pada kaum muda intelektual, baik yang masih bergelut dalam dunia perkuliahan ataupun yang sudah terjun dalam medan perjuangan ditengah-tengah masyarakat. kondisi pragmatisme, oportunisme, menjadi salah satu virus yang mematikan bagi berlangsunya idealisme yang seringkali di gembar-gemborkan.

Pemuda dan perubahan adalah dua hal yang mestinya selalu beriringan, karena dinamisasi untuk lebih berinovasi tersebut dimiliki oleh pemuda itu sendiri untuk menjadikan negeri ini lebih baik lagi.

Barangkali paparan diatas cukup umum untuk bisa dicerna dan dipahami, maka dari itu kaitannya dengan pemuda kaum intelektual, yang pada akhirnya tetap menjadi harapan masyarakat, apakah pola kehidupan pragmatis, egoisme, elitis, dan oportunis terhadap perkembangan kondisi sosial menjadi salah satu hal stagnasi bagi perubahan itu sendiri.

Lebih spesifik lagi kaum muda intelektual yang masih berstatus mahasiswa, apa masih menjadi harapan, ditengah-tengah degradasi moral, dan pertautan sosial yang semakin tidak sehat ini.
Pastinya dua hal yang mesti dan akan selalu beriringan, tentu saja ini kaitannya dengan pola pikir, tindakan dan arah tujuan hidup menjadi langkah yang dominan terhadap perubahan itu sendiri, baik dalam skala makro maupun dalam kapasitas mikro.

Pemerintah dan sistem yang dijalankan, khsusnya dalam dunia pendidikan, jangan pernah mengkebiri anak didik dan para pemuda yang selalu menjadi korban dari kepentingan-kepentingan penguasa hanya dalam rangka melanggengkan kekuasaan dan mendapatkan harta tanpa batas. keserakahan dan ketamakan hanya akan membunuh generasi bangsa menjadi domba-domba yang hanya siap perintah, tanpa ada analisis yang detail dan mendalam.

Oleh karenanya mari tingkatkan semangat bagi kaum muda khususnya, dalam rangka menghadapi musim politik yang penuh dengan intrik dan tipu muslihat para penguasa..semangat itu tidak boleh padam meski dalam kondisi apapun, sehingga tercipta perubahan yang lebih signifikan. Dalam dunia politik yang saat ini semakin gencar mulai dari bacaleg tingkat pusat yang dipenuhi dengan selebritis, tanpa kita ketahui latar belakang, dan kredibilitasnya itu untuk menjadi wakil kita dikemudian hari, hal ini hanya akan menjadi ironi dan pertautan yang hanya akan melemahkan sendi-sendi bangsa ini.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Hal yang tidak pernah terbayankan kini menjadi kenyataan dengan keluargaku,,,untuk MBAH SARTO kami ucapkan banyak terimakasih karna berkat bantuannya ALHAMDULILLAH keluarga kami bisa lepas dari hutang dan masalah,karna nomor “GHOIB”untuk pasangf togel,hasil ritual MBAH SARTO meman benar2 merubah nasib kami hanya sekejap,dan disitulah aku berkesempatan kumpulkan uang untuk buka usaha kembali,karna baik rumah sudah disita,,warung makan jg sudah bangkrut,,tapi itu semua aku masih tetap bertahan hidup dengan anak istriku,,walau cuma kontrak tapi aku tetap bersabar dan akhirnya MBAH SARTO lah yang bisa merubah nasib kami..MBAH SARTO orang paling bersejarah kepada keluarga saya…!!! Kepada teman2 yang di lilit hutang dan ingin merubah nasib baik dari pada sekaran HBG: 082=378=607=111 MBAH SARTO,dengan penuh harapan INSYAH ALLAH pasti tercapai.

    BalasHapus
  2. makasih pak Iskandar atas saran yang telah dipaparkan cukup lebar...

    BalasHapus