Subscribe Us

header ads

Pemuda dan Terorisme


Dihari momentum, dimana hari yang penuh dengan sejarah dan kenangan perjuangan pemuda untuk membela tanah air yang sangat dicintai ini, dahulu kala mereka sangat rela untuk mengorbankan jwa dan raganya, hanya karena ingin membela tanah air dari ekploitasi yang dilakukan bangsa Jepang dan Belanda. Masih sangat tersayat dan Nampak sekali, seumpah pemuda merupakan hal ikhwal dari gerakan pemuda dalam rangka menjadikan bangsa ini, menjadi bangsa yang merdeka.

Kembali pada sejarah, yang mengingatkan kita pada prosesi perjuangan sumpah pemuda untuk mengusir para penjajah dari bumi nusantara ini, merupakan hal yang gigih, dan tanpa pandang bulu untuk melepaskan diri dari cengkeraman bangsa lain yang tidak berperadapan, sehingga kumpulan pemuda pada waktu itu bersatu padu meski dalam kebhinekaan.

Semangat pemuda yang terus berkobar, tentu adalah suatu bentuk investasi bagi bangsa yang akan menjadi titik awal dari sbuah perubahan. Pemuda selalu diidentikkan dengan semangat yang gigih, pantang menyerah, dan selalu memiliki inisiatif untuk melakukan upaya-upaya perbaikan dan perubahan, akan tetapi tidak semuanya kemudan bisa dijadikan sebuah landasan dari pergerakan pemuda dalam konstek saat ini, mengingat perubahan zaman yang cukup drastic, juga mempengaruhi terhadap pola yang dibangun oleh pemuda diera kekinian. Kaum muda mahasiswa yang sebenarnya akan menjadi generasi penerus bangsa, karena dengan kaum muda yang terdidik, bangsa ini akan dibangun atau justru sebaliknya. Hancur dan tidaknya dari bangsa ini, adalah tergantung semangat dan keinginan dari para pemudanya untuk melakukan perbaikan dan perubahan.

Banyak contoh dinegara lain, dimana kaum muda mahasiswa yang Sepak terjang mahasiswa di berbagai belahan dunia pun sudah kental dengan perjuangan-perjuangannya yang saling berkait dengan pemikiran murni untuk memperjuangkan kebenaran. Di kawasan Eropa terjadi perjuangan mahasiswa di beberapa negara, yaitu: di Hungaria, revolusi menuntut kemerdekaan yang dimotori oleh Dewan Mahasiswa Revolusioner (DMR) ; di Yunani, mahasiswa berhadapan dengan rezim Papandreou menuntut Kebebasan, Demokrasi, Keadilan Sosial dan HAM ; dan juga peristiwa perjuangan kaum muda di Prancis pada tahun 1968 dan peristiwa lain di Eropa yang melibatkan mahasiswa atau kaum muda sebagai poros perjuangan. Di daerah Amerika , Beberapa negara yang pemerintahannya korup dan otoriter telah jatuh karena gerakan-gerakan perlawanan yang dilakukan mahasiswa seperti penggulingan Juan Peron di Argentina tahun 1955 dan Perez Jimenez di Venezuela tahun 1958. Di benua afrika, terjadi revolusi Aljazair dan juga gerakan mahasiswa di Sudan.Sedangkan Di asia tentu kita masih ingat peristiwa di terusan suez tahun 1951 , pembantaian mahasiswa oleh tentara inggris karena dinilai sebagai pemberontak dan ancaman. Nurrachman Ilya. politik.kompasiana.com/2012/06/.../titik-balik-pergerakan-mahasiswa..

Pemuda merupakan simbolik yang mampu meruntuhkan symbol-simbol kekuasaan yang dictator, sehingga kaum muda sebagai generasi masa depan, pada kenyataannya memiliki peran yang cukup besar dalam ikut serta membangun peradaban bangsa. Faisal

Posting Komentar

0 Komentar